Pesan di Hari Minggu



Aku mengetik tulisan ini tadi malam, selepas kau pulang dari kosanku. Tentu setelah merapikan sisa makanan dan cemilan yang membuat kamarku berantakan. Abu dari rokokmu beterbangan kemana-mana, membuat pekerjaanku bertambah. Mungkin akan kubelikan asbak, jika tidak sempat membelinya kamu akan kularang merokok dalam kamarku atau kusuruh kau berdiri di depan kosanku sambil menghabiskan kesukaanmu itu. Jika kau cukup pintar, bawa atau belilah asbak sendiri agar kau tetap bisa merokok dalam kamarku.

Hari minggu adalah hari yang sibuk untukku. Maka, kukirm pesan untukmu agar kau tak mengeluh.

# Jangan berharap terlalu banyak menghabiskan waktu denganku. Aku bisa memberimu waktu beberapa jam di hari sabtu tapi tidak samasekali di hari minggu. Sebagai wartawan mingguan tentu pekerjaanku lebih banyak dihabiskan di akhir pekan. Ada saja agenda kebudayaan yang harus kuliput dan aku tak bisa meninggalkannya hanya untuk sekadar berjalan-jalan atau ngobrol denganmu.

# Berjalan kakilah. Kamu tidak bosan naik motor atau taksi. Cobalah sekali-kali naik angkot dan berjalan kaki. Duduk di halte menunggu bus, berhimpitan dengan penumpang lain. Berjalan lah lebih banyak, selain menyehatkan, berjalan kaki juga mengasah kepekaanmu. Kamu akan belajar merekam sekitarmu lebih baik.

# Habiskan waktumu seperti biasa. Kamu sering mengatakan senang menghabiskan waktu sendiri. Ke toko buku loak, menikmati secangkir kopi di kafe atau membaca buku seharian di kamar. Meski saat ini sudah bersamaku, tak perlu ada yang berubah bukan. Kamu tetap bisa menikmati hidupmu seperti biasa. Lagi pula pertemuan yang terlalu sering juga membosankan.

# Kunjungilah teman-teman lamamu.  Jika kau bosan melakukan aktivitas sendirian, cobalah berkumpul dengan teman-teman lamamu. Sesekali kamu harus melakukannya. Kamu mungkin tak nyaman, tapi tak ada salahnya mencoba bukan. Kalau pun pada akhirnya kamu hanya diam dan lebih banyak mendengarkan mereka berbicara, setiadaknya kamu ada untuk mereka.

# Bermainlah. Jangan terlalu sibuk bekerja. Bekerja itu baik tetapi kamu juga harus bermain. Ada sifat anak-anak dalam tubuhmu yang harus terus kau jaga. Bermainlah, bersenang-senanglah. Menonton kartun seharian bisa jadi alternatif baik untukmu.

Segini saja,
Pacar Tiri


Catatan:
Saya bangun pukul 10.00 dan mendapati email ini. Agak menyebalkan sih. Tapi poin kedua seru juga. Saya akan berjalan-jalan hari ini menggunakan angkot. Duduk di halte, kemudian berjalan kaki di taman Suropati.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar